Awas Kutil Bisa Sebabkan Kanker Cervix, Begini Cara Mengobati Kutil Dengan Mudah dan Tanpa Sakit

hariane.com – Cara mengobati kutil sebenarnya sangat mudah dan tidak sakit, yakni dengan biji pepaya. Selain menyebabkan gatal dan mengurangi rasa percaya diri, beberapa varian tertentu penyakit akibat serangan virus ini memicu kanker cervix. Terutama yang muncul di area kelamin, baik pria maupun wanita.

Meski mudah mengobati kutil mudah, tapi bagi yang belum tahu caranya mengobatinya memang memusingkan. Bahkan, sebagian orang akhirnya memilih prosedur operasi untuk menghilangkan benjolan di kulit yang sering terasa gatal tersebut.

Tapi biaya operasi kutil tidaklah murah antara Rp 400.000 – Rp 1.000.000 tergantung klinik atau rumah sakit yang melayani dan letak serta jumlah kutil yang diderita. Dengan biaya tersebut, tentu tidak semua bisa menjangkaunya, atau lebih baik dimanfaatkan untuk hal yang lebih penting.

Di samping itu, rasa sakit yang dirasakan setelah redanya obat bius saat prosedur operasi juga sangat mengganggu. Terlebih jika jumlahnya banyak atau terletak di area tubuh yang rawan gesekan.

BACA JUGA: 10 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Sementara, sebagian yang lain memilih mencari metode penyembuhan alternatif. Baik dengan mengikuti langkah-langkah yang diketahui dari membaca buku, omongan orang dekat, atau bahkan hasil pencarian di internet.

Tips-tips mengobati kutil dengan detergen, dengan bawang putih, hingga memotong daging kutil banyak dilakukan orang.

Masalahnya, kadang justru merasakan sakit karena bahan yang digunakan menyebabkan iritasi dan pendarahan di permukaan kulit. Alih-alih sembuh, kutil justru bertambah banyak karena menular di kulit yang sehat melalui pendarahan saat proses penyembuhan.  

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com