Sejarah Bola Resmi Piala Dunia, dari yang Pertama Dipakai hingga Terbaru di Qatar 2022

HARIANE – Sejarah bola resmi Piala Dunia memang tidak akan pernah lepas dengan event sepak bola terbesar di dunia tersebut. Pasalnya, tiap edisi World Cup pasti akan diperkenalkan bola resmi baru, tak terkecuali dengan Piala Dunia 2022 Qatar.

Dibukanya World Cup 2022 Qatar secara tidak langsung juga memperbarui sejarah bola resmi Piala Dunia. Dimana Piala Dunia 2022 Qatar kali ini memperkenalkan Al Rihla sebagai bola resminya.

Lantas bagaimana sejarah bola resmi Piala Dunia dari masa ke masa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Bola Resmi Piala Dunia dari 1930 hingga 2022

Dilansir dari laman resmi FIFA, berikut ini sejarah bola resmi Piala Dunia dari yang pertama digelar pada 1930 hingga Piala Dunia 2022 Qatar.

BACA JUGA:  Hasil Final Thomas Cup 2022: Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1

1. Tiento – uruguay 1930

Sejarah bola resmi Piala Dunia
Tiento merupakan bola pertama yang digunakan dalam Piala Dunia edisi perdana pada 1930 di Uruguay. (Foto: fifa.com)

Tiento merupakan satu dari dua bola yang digunakan pada Piala Dunia pertama 1930. Dimana saat itu belum ada istilah bola resmi Piala Dunia dan produsen mana yang membuatnya.

Menariknya kedua finalis, kala itu Uruguay dan Argentina membawa bola masing-masing di pertandingan final.

Argentina yang membawa bola Tiento unggul 2-1 di babak pertama. Namun, Uruguay bangkit di babak kedua setelah menggunakan bola dengan T-model yang dibawanya dan menang 4-2.

2. Federale 102 – Italia 1934

Pada Piala Dunia 1934 di Italia, diperkenalkan Federale 102, yang mirip dengan bola rugby. Hal ini tidak lain karena bola yang dibuat di Roma tersebut terbuat dari kulit sapi berwarna coklat dengan 13 panel poligonal.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.