Simak Sejarah Hari Anak Internasional, Jatuh Pada 20 November

HARIANE– Pertanyaan tanggal 20 November 2022 hari apa semakin ramai dipertanyakan pasalnya ada perayaan tertentu yang jatuh pada tanggal tersebut.

Ternyata, tanggal 20 November 2022 merupakan peringatan Hari Anak Internasional yang dirayakan di seluruh dunia.

Dikutip dari laman United Nations, ternyata Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 20 November 2022 memiliki sejarah yang panjang.

BACA JUGA:  Klarifikasi Pengendara Motor Menakuti Anak SD yang Viral: Hanya Refleks dan Tidak Sengaja

Inilah Sejarah Peringatan Hari Anak Internasional 20 November 2022

hari anak internasional
Hari Anak Sedunia Memiliki Sejarah yang Panjang. (Foto: Freepik/freepik.diller)

Pada tahun 1857, Dr Charles Leonard mencetuskan hari anak di Inggris Raya dan menamakannya sebagai peringatan Hari Mawar.

Memasuki tahun 1950, banyak negara di dunia yang mencetuskan hari anak pada tanggal 1 Juni.

Pada tanggal 14 Desember 1954, Majelis Umum merekomendasikan agar semua negara melembagakan peringatan Hari Anak Sedunia sebagaimana yang tertulis dalam resolusi 836 (IX).

Hari Anak Internasional juga direkomendasikan untuk dirayakan sebagai hari kegiatan yang ditujukan untuk mempromosikan cita-cita dan tujuan Piagam PBB dan kesejahteraan anak-anak di dunia.

Tanggal 20 November adalah hari dimana Majelis Umum mengadopsi deklarasi hari anak pada tahun 1959 dan Konvensi Hak Anak pada tahun 1989.

Konvensi Hak Anak merupakan perjanjian hak asasi manusia Internasional yang paling banyak diperhatikan. Perjanjian tersebut menetapkan sejumlah hak anak diantaranya hak untuk hidup, hak untuk kesehatan, hak untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, untuk dilindungi dari kekerasan, untuk tidak didiskriminasi, dan hak agar pandangan mereka didengar.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com