Sule Dilaporkan ke Polisi Oleh Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah, Apa Penyebabnya?

HARIANE – Kabar komedian Sule dilaporkan ke polisi oleh Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (AMPERA) beserta kedua rekannya ini ramai di media sosial.

Mantan suami Nathalie Holscher, Sule dilaporkan ke polisi lantaran diduga menistakan agama.

Sule dilaporkan ke polisi oleh Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah pada Rabu, 23 November 2022.

Dilansir dari Youtube cumi cumi entertainment, alasan Sule dilaporkan ke polisi oleh Aliansi Pecinta Rasulullah lantaran komedian tersebut dianggap mendukung penistaan agama.

Laporan tersebut dilayangkan oleh seorang bernama Syahrul Rizal sebagai Ketua Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (AMPERA).

BACA JUGA:  Aksi Polisi Sujud Massal di Malang Pasca Tragedi Kanjuruhan, Begini Pandangan Menurut Agama Islam

Kejadian tersebut bermula dari sebuah video yang diunggah ke Youtube dengan menampilkan Budi Dalton, Sule dan Mang Saswi.

Dari konten youtube tersebut terdapat pernyataan ‘miras’ yang diubah menjadi ‘minuman Rasulullah’.

Sebagai informasi miras adalah kepanjangan dari minuman keras. Namun, Budi Dalton membuat nyeleneh dengan mengganti kepanjangan miras menjadi minuman Rasulullah.

Syahrul pun merasa ungkapan tersebut mengandung unsur SARA.

“Kami merasa bahwa dari pernyataan yang disiarkan lewat kanal Youtube itu mengandung SARA, yang dimana Budi Dalton secara sadar dan ada kesengajaan disitu bahwa menyatakan miras minuman Rasulullah,” ungkap Syahrul dilansir dari Youtube cumi-cumi entertainment.

Dalam video tersebut, Budi Dalton secara sadar menyatakan bahwa miras adalah minuman Rasulullah. Sementara Sule dan Mang Saswi secara spontan tertawa mendengar pernyataan tersebut.

Namun menurut Syahrul tawaan tersebut menandakan keduanya membenarkan pernyataan yang dibuat oleh Budi Dalton.

“Mereka (Sule dan Mang Saswi) secara reflek tertawa, dan disi,tu kami beranggapan bahwa mereka ikut terlibat dalam ucapan yang disampaikan Budi Dalton sendiri,” ucapnya.

“Dia kan menyampaikan ekspresi tertawa dan itu sama halnya dia membenarkan dan mengiyakan itu dan kami anggap dia terlibat,” tambah Syahrul Rizal.

Atas dasar tersebut, Syahrul pun melaporkan ketiga terlapor dengan Pasal 18 Ayat 2 Juncto Pasal 45 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Selain itu pihaknya juga menjerat Sule, Mang Saswi dan Budi Dalton dengan Pasal 156 Juncto Pasal 156 A Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.