Tari Gandrung Tampil di London dalam Ajang Experience Indonesia, 12 Siswa SMAN 1 Rogojampi Perkenalkan Budaya Banyuwangi di Kancah Internasional

HARIANE – Salah satu kesenian budaya Banyuwangi memperoleh kesempatan melebarkan sayapnya ke kancah internasional, ketika Tari Gandrung tampil di London dalam ajang Experience Indonesia.

Tari Gandrung tampil di London ini dalam rangka kegiatan tahunan yang diadakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Dimana kegiatan tersebut diadakan pada 6-9 November 2022.

Pada acara Experience Indonesia kali ini Kementerian Luar Negeri mengundang Banyuwangi untuk menunjukkan kesenian yang ada di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Dimana Tari Gandrung tampil di London dilakukan oleh seniman muda siswa SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya.

Tari Gandrung Tampil di London Tak Hanya Perkenalkan Budaya Banyuwangi Saja

Tari Gandrung tampil di London
Tari Gandrung tampil di London dalam rangka Experience Indonesia yang diadakan KBRI London, dimana 12 siswa SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya yang jadi perwakilannya. (Foto: Instagram/dispendikbanyuwangi)

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, diketahui bahwa ada 12 siswa SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya yang berangkat ke London, Inggris untuk memenuhi undangan KBRI London.

BACA JUGA:  Beasiswa S2 Kominfo 2022 Dalam Negeri Telah Dibuka, Catat Dokumen dan Persyaratannya Berikut Ini

Dimana 12 peserta tersebut terdiri dari penari, penabuh gamelan dan juga sinden, yang tampil di “Indonesian Day Show” pada Minggu, 6 November 2022 di Vinegard Yard.

Penampilan pertama yang dilakukan siswa SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya tersebut menampilkan Tari Gandrung Kembang Menur dan Kembang Pesisiran.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com