Tersangka Hacker Bjorka Asal Madiun Dipulangkan Karena Hal Ini, KPK Berharap Tak Jadi Sasaran Peretasan

HARIANE – Pemuda asal Madiun yang ditetapkan menjadi tersangka hacker Bjorka dipulangkan setelah sempat diperiksa oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Walaupun telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus hacker Bjorka, pemuda berinisial MAH ini dipulangkan dan dikenakan wajib lapor.

Tersangka hacker Bjorka yang telah diamankan sejak Rabu, 14 September 2022 di wilayah Madiun, Jawa Timur, saat ini telah dipulangkan.

Tersangka Hacker Bjorka Dipulangkan, KPK Angkat Suara

tersangka bjorka
Pemuda Madiun berinisial MAH ditetapkan sebagai tersangka Bjorka. (Ilustrasi: Freepik/freepik)

BACA JUGA:  Terkait Kebocoran Data Bjorka 2022, Menkominfo: Akan Ada Tim Khusus!

Dilansir dari laman Humas Polri, Juru Bicara Divisi humas Polri Kombes Ade Yaya Suryana menyatakan bahwa tersangka bisa dipulangkan karena telah bersikap kooperatif selama pemeriksaan berlangsung.

Tersangka berinisial MAH ini berperan dalam pembuatan akun telegram dengan nama Bjorkanism dan menurut pihak kepolisian motif dari MAH adalah membantu hacker tersebut agar terkenal dan mendapatkan uang.

Tersangka MAH yang merupakan salah satu kelompok dari Bjorka, ingin membantu dengan berperan sebagai penyedia channel Telegram dengan nama Bjorkanism.

Dalam peran tersebut diketahui bahwa MAH telah membuat sebanyak tiga postingan terkait Bjorka di akun Telegram tersebut.

Pada 8 September 2022, MAH mengunggah sebuah postingan terkait Bjorka dengan tulisan ‘stop being idiot’.