Rusak Parah, Warga Wunut Imogiri Nekat Lewati Jalan Ambles

HARIANE – Warga Wunut Imogiri nekat lewati jalan ambles yang menghubungkan Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro Kapanewon Imogiri.

Warga Wunut Imogiri nekat lewati jalan ambles yang mengalami rusak parah selama beberapa hari dengan alasan waktu tempuh.

Bahkan kerusakan tersebut menyebabkan jalan ambles sepanjang kurang lebih 52 meter dengan lebar 5 meter dan kedalaman mencapai 1,5 meter.

Akibatkan warga kesulitan untuk melintasi jalan, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

BACA JUGA:  Kabar Haji Hari Ini 12 Juli 2022: Jamaah Nafar Mulai Kembali Ke Mekkah

Sokijan (60) warga Dukuh Wunut mengatakan jalan tersebut muncul keretakan mulai Rabu, 28 Desember 2022 hingga pada Jumat, 30 Desember 2022 kerusakan semakin parah hingga tidak dapat dilewati.

“Mulai Rabu pagi retak-retak, Kamis agak dalam, Jumat parah sudah tidak bisa dilewati,” terangnya, Selasa 3 Januari 2023.

Meski jalan sudah tidak layak untuk dilalui bahkan mengancam keselamatan pengguna, sejumlah warga masih nekat melintasi jalur tersebut.

Sebab jalan aspal yang diapit sawah, perbukitan, dan Sungai Oya ini merupakan jalur utama yang biasa diakses oleh warga setempat.

Sokijan mengungkapkan, warga setempat masih nekat menggunakan jalan yang dirasa sudah tidak layak dilewati tersebut.

Ia mengatakan apabila warga menggunakan jalur lain harus memakan jarak tempuh yang lebih panjang yakni sejauh 10km.

“Sampai sekarang warga masih lewat soalnya kalau muter lewat jalan lain lebih jauh sekitar 10 kilometer, kalau lewat jalan ini kan cuma satu kilometer,” ujarnya.

Sokijan berharap dalam perbaikan nanti pemerintah membuat aliran air dari sawah yang berada tepat disisi jalan. Disinyalir penyebab dari jalan yang ambles dikarenakan tidak adanya aliran air dari sawah sehingga meresap ke tanah.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com