Warisan Naskah Nusantara Dirilis Litbang Keagamaan Semarang pada 19 September 2022, Apa Isinya?

HARIANE – Pada hari Senin, 19 September 2022, Litbang Keagamaan Semarang merilis Warisan Naskah Nusantara.

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Warisan Naskah Nusantara atau dapat disingkat jadi “Wantara” ini dirilis oleh Sekjen Kemenag Nizar di Yogyakarta.

Atas peluncuran Warisan Naskah Nusantara, Sekjen Kemenag memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Balai Litbang Keagamaan dalam pelestarian manuskrip dan naskah melalui digitalisasi

“Transformasi digital menjadi salah satu hal penting yang masuk ke dalam salah satu dari tujuh program yang diprioritaskan di Kementerian Agama selain penguatan Moderasi Beragama, revitalisasi KUA, Kemandirian pesantren, International Islamic Cyber University, Religooussity Index, dan Tahun Toleransi 2022,” ujar Nizar.

BACA JUGA:  Berapa Kuota Haji Indonesia 2022? Berikut Kemenag Terbitkan Daftar Rincian di Setiap Provinsi

Apa Isi Warisan Naskah Nusantara?

Warisan Naskah Nusantara atau Wantara merupakan naskah dan manuskrip keagamaan warisan para ulama nusantara yang berhasil dihimpun dan didigitalisasi.

Diketahui, manuskrip keagamaan ini berisi 900 naskah maupun manuskrip. Nizar menilai manuskrip keagamaan ini sangat cocok bagi kehidupan bangsa Indonesia pada saat ini.

Pasalnya, dengan semangat melestarikan, meneliti, dan menghidupkan kembali khazanah manuskrip warisan ulama nusantara yang wasathiyyah atau moderat hal ini akan menangkal konflik ideologi dan radikalisme di Nusantara.

BACA JUGA:  Buntut Kasus Tewasnya Santri di Gontor, Kemenag Segera Sahkan Aturan Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan