Hacker Bjorka Bocorkan Data Pribadi Sejumlah Pejabat, Ini Cara Menghindari Serangan Peretas Menurut Diskominfo

HARIANE – Berita mengenai hacker Bjorka bocorkan data pribadi sejumlah pejabat menjadi topik yang hangat diperbincangkan.

Hacker Bjorka bocorkan data pribadi sejumlah pejabat di Indonesia, antara lain Johnny G Plate (Menteri Komunikasi dan Informasi), Puan Maharani (Ketua DPR RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), hingga Muhaimin Iskandar (ketua umum PKB).

Kabar hacker Bjorka bocorkan data pribadi turut membuat masyarakat was-was mengenai data pribadi mereka yang bisa saja diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Hacker sendiri merupakan seorang yang ahli dalam bidang komputer jaringan atau keterampilan lain untuk mengatasi permasalahan teknis.

BACA JUGA:  5 Daftar Situs yang Dibobol Bjorka, Salah Satunya Data Pribadi Johnny G. Plate

Kemampuan yang dimiliki oleh hacker sering disalahgunakan untuk mendapatkan uang dengan melakukan penipuan hingga penjualan data secara illegal.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghindari serangan peretas atau hacker ini? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Menghindari Serangan Peretas Seperti Hacker Bjorka Bocorkan Data Pribadi

Dilansir dari laman resmi Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, berikut cara menghindari serangan peretas untuk mencegah kasus seperti hacker Bjorka bocorkan data pribadi:

1. Periksa Permissions App Sebelum Diunduh

Dialog App Permissions yang muncul pada saat akan mengunduh aplikasi berisi keterangan akses perlu diperhatikan.

Pastikan akses yang diberikan untuk aplikasi tersebut tidak berisi informasi penting yang tidak diperlukan untuk penggunaan aplikasi.

2. Matikan Jaringan WiFi dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Pastikan jaringan WiFi dan Bluetooth dimatikan apabila tidak sedang digunakan.