Prediksi Cuaca Malam Tahun Baru 2023 BMKG Berpotensi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia

HARIANE – Prediksi cuaca malam tahun baru 2023 BMKG mengumumkan akan berpotensi hujan lebat di berbagai wilayah Indonesia.

Hal ini disampaikan secara resmi melalui laman bmkg.go.id yang mengumumkan prediksi cuaca malam tahun baru 2023 BMKG mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Diimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya prediksi cuaca malam tahun baru 2023 BMKG sebagai bentuk perhatian terhadap potensi bencana alam seperti banjir.

Berikut ini terdapat beberapa wilayah di Indonesia yang berpotensi akan diguyur hujan pada periode tanggal 21-23 Desember 2022:

  1. Sebagian wilayah Aceh
  2. Sebagian wilayah Sumatra Utara
  3. Sebagian wilayah Riau
  4. Sebagian wilayah Jawa Barat
  5. Sebagian wilayah Jawa Tengah
  6. Sebagian wilayah Jawa Timur
  7. Sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur
  8. Sebagian wilayah Kalimantan Barat
  9. Sebagian wilayah Kalimantan Timur
  10. Sebagian wilayah Kalimantan Utara
  11. Sebagian wilayah Maluku

Lebih lanjut, prediksi cuaca malam tahun baru 2023 BMKG menyebutkan beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan perlu mewaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi.

Sedangkan potensi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat selama periode tanggal Minggu, 25 Desember 2022 – Minggu, 1 Januari 2023 perlu diwaspadai di daerah berikut: 

  1. Banten
  2. Jawa Barat
  3. Jawa Tengah
  4. Yogyakarta
  5. Jawa Timur
  6. Bali
  7. NTB
  8. NTT
  9. Sulawesi Selatan
  10. Sulawesi Tenggara
  11. Maluku

BACA JUGA:  Rumah Korban Bencana Gempa Cianjur Rusak Parah, BMKG Anjurkan Bangun Kembali dengan Syarat ini

Selain itu, prediksi cuaca malam tahun baru 2023 BMKG berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat berada di wilayah :

  1. Aceh
  2. Lampung
  3. Sumatera Selatan
  4. DKI Jakarta
  5. Kalimantan Tengah
  6. Kalimantan Selatan
  7. Maluku Utara
  8. Papua Barat
  9. Papua

Kepala BMKG, Dwikorita mengatakan kondisi prediksi cuaca malam tahun baru 2023 BMKG disebabkan karena dugaan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com