Rumah Korban Bencana Gempa Cianjur Rusak Parah, BMKG Anjurkan Bangun Kembali dengan Syarat ini

HARIANE – Korban bencana gempa Cianjur harus kehilangan rumah karena rusak parah akibat bencana yang mengguncang bumi Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022.

BMKG pun memberikan rekomendasi syarat pembangunan rumah untuk korban gempa Cianjur yang masih bisa dilakukan di tanah yang sama. 

Menurut BMKG,rumah korban bencana gempa Cianjur harus dengan konstruksi yang lebih tahan gempa meski berada di lokasi yang sama.

Diimbau juga kepada para korban gempa Cianjur untuk mewaspadai cuaca musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Desember.

BACA JUGA:  Deretan Artis yang Terlibat Kasus DNA Pro, Penyanyi Kondang Ini Salah Satunya

Keterangan Terbaru dari BMKG untuk Para Korban Bencana Gempa Cianjur

korban bencana gempa Cianjur
Arahan Jokowi usai gempa Cianjur, meminta upaya penyelamatan evakuasi untuk para korban. (Foto: setkab.go.id)

Dalam konferensi pers BMKG yang dilakukan pada Kamis, 24 November 2022, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa hingga saat ini gempa susulan masih terjadi tapi dengan kekuatan yang makin melemah.

Dwikorita menyampaikan bahwa situasi selama 4 hingga 1 minggu ke depan aktivitas tektonik di Cianjur sudah akan lebih stabil.

Menurutnya, informasi ini penting untuk diketahui oleh korban bencana gempa Cianjur agar tidak panik dan mudah termakan isu atau berita bohong soal situasi pasca bencana.

Meski begitu ia mengimbau kepada masyarakat korban gempa agar mewaspadai curah hujan yang makin meningkat yang mencapai pucaknya di bulan Desember.

“Yang dikhawatirkan sekali lagi adalah longsor dan banjir bandang, jadi yang berada di bantaran-bantaran sungai, di lembah sungai, kemudian di dekat lereng gunung,” ungkap Dwikorita.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com