Tarif Angkutan Umum di Bandung Akan Alami Penyesuaian Pasca BBM Naik, Segini Besarannya

HARIANE – Tarif angkutan umum di Bandung baru-baru ini dikabarkan Dishub akan mengalami penyesuaian.

Penyesuaian dalam tarif angkutan umum di Bandung ini merupakan dampak dari adanya kenaikan harga BBM.

Lantas seberapa besar penyesuaian yang berlaku terhadap tarif angkutan umum di Bandung pasca harga BBM naik?

BACA JUGA:  BBM Resmi Naik, Berikut 5 Daftar dan Harga Motor Listrik yang Dijual di Indonesia : Bisa Jadi Solusi

Penyesuaian Tarif Angkutan Umum di Bandung 

Pada Selasa, 6 September 2022 Dishub Kota Bandung telah menggelar rapat koordinasi terkait penyesuaian tarif angkutan umum terhadap kenaikan BBM.

Rapat koordinasi dihadiri Satlantas Polrestabes Bandung, DPC Organda Kota Bandung, BLUD UPTD Angkutan, Perum Damri Cabang Bandung, Kobanter Baru, Kobutri, Kopamas, SPTI Kota Bandung.

Dalam rapat tersebut akhirnya disepakati, bahwa kenaikan tarif berada di angka seribu rupiah (Rp 1.000) dari tarif lama yang akan berlaku untuk seluruh trayek angkutan umum di Kota Bandung.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil perhitungan bersama dari komponen kenaikan BBM dari suku cadang dan juga personel. 

Selanjutnya, kesepakatan tersebut akan disampaikan kepada Wali Kota Bandung, Yana Mulyana untuk nantinya dibuat ketetapan Wali Kota.

Sehingga Dishub Kota Bandung mengimbau kepada para pengemudi dan pemilik usaha angkutan umum untuk bersabar dan tidak terlebih dulu menaikkan tarif angkutan umum.

Dalam prosesnya, berkaca pada pengalaman kenaikan tarif di masa lampau, Dishub memprediksi prosesnya tidak akan berlangsung lebih dari 3 hari.