Apa Itu Pangkat Tituler? Gelar Militer yang Disematkan Kepada Deddy Corbuzier

HARIANE – Pertanyaan terkait apa itu pangkat tituler banyak dipertanyakan netizen hingga ramai di Google Pencarian.

Apa itu pangkat tituler ramai dipertanyakan setelah Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto secara simbois memberikan gelar tersebut kepada Deddy Cobuzier.

Lalu apa itu pangkat tituler yang diterima Deddy Corbuzier?

Berikut ini akan dijelaskan terkait apa itu pangkat tituler secara lengkap.

BACA JUGA:  Prosesi Siraman Erina Gudono 9 Desember 2022: Apa itu Majang Tarub dan Cethik Geni Adhang Sepisanan?

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) diatur soal penyematan pangkat.

Pangkat Tituler adalah pangkat yang diberikan kepada warga Negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua.

Setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, maka pangkat yang bersifat tituler dicabut.

Pangkat militer tituler ini diberikan sebagai penghargaan kepada warga-warga non militer atas jasa-jasa atau bantuan-bantuan yang ia sumbangkan, sehingga membawa kemajuan atau memberikan keuntungan bagi angkatan perang keseluruhan.

Dilansir dari akun Instagram pribadi Deddy Corbuzier, terlihat unggahan foto momen pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Titular TNI AD.

Apa Itu Pangkat Tituler
Pangkat Tituler diberikan kepada Deddy Corbuzier.(Foto:Instagram/mastercorbuzier)

Dalam unggahan tersebut terlihat Deddy Corbuzier mengenakan seragam TNI AD dan menerima dokumen sambil berjabat tangan dengan Prabowo.

Kebanggan yang luar biasa, Penerimaan Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh @prabowo yang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa dan KASAD @dudung_abdurachman,” tulis Deddy Corbuzier.

Selain itu Deddy Corbuzier juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga TNI dan Kementerian Pertahanan (Kembhan) atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi untuk dirinya.

Menurutnya, pemberian pangkat tersebut menandakan perjalanan baru yang dijalani dalam mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI.

Ini juga artinya mengawali perjalanan baru bagi saya tuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila. Mudah mudahan dengan hadirnya saya di keluarga besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan tuk Rakyat, Bangsa dan Negara,” ungkapnya.

Unggahannya tersebut pun banyak mendapatkan komentar positif dari warganet hingga kerabat artis.

Demikian informasi mengenai apa itu pangkat tituler yang diterima Deddy Corbuzier. ****

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com