10 Daerah dengan Inflasi Tinggi Diungkap Presiden Jokowi: Lakukan Intervensi

HARIANE Sebanyak sepuluh daerah dengan inflasi tinggi diungkap Presiden Jokowi.

Daerah dengan inflasi tinggi diungkap Presiden Jokowi pada saat memberikan arahan terkait pengendalian inflasi kepada seluruh kepala daerah.

Data daerah dengan inflasi tinggi diungkap Presiden Jokowi dilakukan pada Senin, 12 September 2022.

Dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden, beberapa daerah dengan inflasi tinggi diungkap Presiden Jokowi saat situasi negara mulai tidak stabil.

Sebagaimana disampaikan oleh Presiden bahwasanya situasi seluruh negara saat ini tidaklah mudah dikarenakan adanya pandemi Covid yang belum pulih dan terjadinya perang hingga membuat krisis di berbagai sektor.

“Sama juga di negara kita, urusan yang berkaitan dengan BBM. Bahkan di beberapa negara harga BBM sudah berada di angka Rp 17 ribu, bahkan gas di Eropa sekarang sudah naik enam lipat kali,” ujar Presiden Jokowi

Dalam menangani adanya kenaikan BBM, Presiden Jokowi meminta bantuan kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota untuk turut membantu orang yang terdampak penyesuaian harga BBM.

BACA JUGA:  Daftar Harga Bahan Pokok yang Naik Seiring Kenaikan Harga BBM 2022

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dampak terhadap inflasi akan bertambah sebanyak 1,8 persen. Oleh karena itu, seluruh pihak daerah diminta agar bekerja sama seperti halnya saat menangani Covid.

“Saya harap ini dapat kita lakukan, sehingga inflasi di tahun ini diharapkan bisa dikendalikan di bawah lima,” jelas Jokowi.

Berdasarkan SE Mendagri dan Peraturan Menteri Keuangan yang telah dikeluarkan dijelaskan bahwa sebanyak dua persen dari dana transfer umum bisa digunakan untuk subsidi dalam rangka menyelesaikan akibat penyelesaian harga BBM.