Ini Sosok Menteri PANRB yang Baru Abdullah Azwar Anas, Mantan Bupati Banyuwangi yang Punya Banyak Prestasi

HARIANE – Sosok menteri PANRB yang baru Abdullah Azwar Anas kini menjadi sorotan karena baru-baru ini telah dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara reformasi Briokrasi (PANRB).

Menteri PANRB yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo sepeninggal Tjahjo Kumolo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 7 September 2022.

Abdullah Azwar Anas juga merupakan mantan Bupati Banyuwangi sebelum dilantik menjadi Menteri PANRB yang baru.

Fakta Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri PANRB yang Baru

BACA JUGA:  Menteri Nadiem Makarim Ajukan Tambahan Anggaran Kemendikbudristek Sebesar Rp 10 Triliun di Tahun 2023

Menteri PANRB yang kerap di sapa Azwar Anas lahir di Banyuwangi pada 6 Agustus 1973 dan menempuh pendidikan di berbagai kota.

Pria kelahiran Banyuwangi ini pernah menempuh pendidikan di Banyuwangi, Sumenep hingga Jember dan mengenyam bangku kuliah di Fakultas Teknologi Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang sekarang menjadi Universitas Negeri Jakarta dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Setelah lulus dari universitas tersebut, pada 2005 pria berusia 49 tahun ini kemudian mengenyam pendidikan S-2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Perjalanan karirnya diawali dengan menjadi seoraang reporter Radio Prosonalia FM di Jember dan Jakarta selama dua tahun pada 1990 hingga 1992.

Selain itu, pria ini juga dikenal aktif dalam organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama selama tiga tahun pada 2000 hingga 2003 dan berlanjut menjabat sebagai Ketua PP GP Ansor selama lima tahun pada 2004 hingga 2009.