Rusia Dicoret dari Kualifikasi EURO 2024, Hukumannya Diperpanjang UEFA Pasca Invasi ke Ukraina

HARIANEUnion of European Football Association (UEFA) telah mengkonfirmasi bahwa Rusia dicoret dari Kualifikasi EURO 2024 pada Selasa, 20 September 2022. 

Dimana kabar mengenai Rusia dicoret dari Kualifikasi EURO 2024 menjadi hal yang maklum dilakukan pasca invasi yang dilakukan Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.

Dilansir dari laman ESPN, menjelaskan bahwa kabar Rusia dicoret dari Kualifikasi EURO akan menambah masa perpanjangan hukuman Timnas Sbornaya, julukan tim sepakbola Rusia. 

Dimana sebelumnya, Timnas dan klub sepakbola Rusia dilarang oleh UEFA dan Federation International de Football Association (FIFA) untuk mengikuti kompetisi internasional sejak Februari 2022, pasca beberapa hari melakukan invasi ke Ukraina.

BACA JUGA:  Chelsea Dibekukan Pemerintah Inggris, Buntut Sanksi yang Diterima Roman Abramovich
 

Rusia Dicoret dari Kualifikasi EURO 2024, Setelah Bandingnya Ditolak CAS

Rusia dicoret dari Kualifikasi EURO 2024
Rusia dicoret dari Kualifikasi EURO 2024, dimana negara tersebut lengser dari perebutan piala paling bergengsi di Eropa. (Foto: Instagram/euro2024)

Setelah mendapat hukuman larangan bermain di kompetisi internasional, termasuk kabar Rusia dicoret dari Kualifikasi EURO 2024. Sebenarnya federasi sepakbola Rusia telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). 

Dimana CAS menolak banding yang diajukan federasi sepakbola dan empat klub Rusia pada Jumat, 15 Juli 2022 lalu.

CAS lebih mendukung keputusan UEFA dan FIFA untuk mencoret timnas dan empat klub Rusia setelah invasi yang dilakukan ke Ukraina.