3 Cara Selamat dari Gempa Bumi, Hapal dan Pahami untuk Pencegahan Pertama Bencana Alam

HARIANE – Setelah terjadinya musibah di Cianjur, banyak masyarakat yang mencari cara selamat dari Gempa bumi serta penanganan pertamanya.

Cara selamat dari Gempa Bumi tidak sepenuhnya akan berjalan dengan mulus, tetapi dapat mengurangi risiko kecelakaan saat terjadi bencana.

Tidak ada yang benar-benar jadi cara selamat dari Gempa Bumi. Semua tindakan di lapangan adalah cara mencegah bahaya yang timbul semakin besar bagi keselamatan diri.

Namun, dengan melihat referensi cara selamat dari Gempa Bumi dapat membantu seseorang untuk tetap tenang dalam situasi yang genting.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan ketika terjadi Gempa Bumi, selamatkan diri dan keluarga dengan pencegahan yang tepat.

BACA JUGA:  Beda Lebaran di Negara Arab dan Indonesia, Menarik Untuk Diketahui

Cara Selamat dari Gempa Bumi: Metode Drop, Cover, Hold on

Cari tempat berlindung ketika Gempa Bumi
Cari tempat berlindung ketika Gempa Bumi. (Foto: Youtube/HUMAS BNPB)

Ketika gempa terjadi, cara selamat dari Gempa bumi yang pertama adalah seseorang harus menurunkan posisi tubuh yang lebih rendah, mencari penutup kepala dan leher, serta tetap berada dan berlindung di tempat tersebut hingga gempa berhenti. Metode tersebut dinamakan Drop, Cover, Hold on.

Berikut ini tips melakukan Drop, Cover, Hold on yang dijadikan patokan oleh BPBD :

1.  Meringkuk

Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut meringkuk sebelum efek dari gempa bumi menghantam. Posisi tersebut dapat melindungi diri dari jatuh dan tetap memungkinkan seseorang untuk bergerak.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.