5 Alasan Judul Skripsi Ditolak Dosen, Jangan Panik dan Lakukan Hal Ini!

HARIANE – Saat pengajuan skripsi, ada beberapa alasan judul skripsi ditolak dosen. Hal ini tentu saja perlu diketahui mahasiswa sebagai evaluasi judul penelitian yang ingin diteliti.

Ketika mengalami hal tersebut, mahasiswa seringkali bertanya-tanya alasan judul skripsi ditolak dosen, sehingga apabila alasan tersebut belum diketahui, maka akan menimbulkan rasa ketakutan bagi mahasiswa dalam mengajukan judul baru.

Salah satu dosen Universitas Padjajaran (Unpad) prodi Manajemen Komunikasi, Kismiyati El Karimah, menjabarkan alasan judul skripsi ditolak dosen melalui kanal Youtube Buiramira Official.

Lalu, apa saja alasan judul skripsi ditolak dosen? Berikut penjelasan menurut Dosen Kismiyati El Karimah.

BACA JUGA:  21 Contoh Pertanyaan Sidang Skripsi Beserta Cara Menjawabnya, Dijamin Lancar Saat Ujian

Alasan Judul Skripsi Ditolak Dosen

Terdapat lima alasan judul skripsi ditolak dosen, di antaranya sebagai berikut.

1. Masalah tidak up to date

Masalah penelitian yang diangkat oleh mahasiswa sudah tidak up to date. Dengan kata lain, masalah tersebut tidak kekinian dan sudah basi untuk diangkat menjadi penelitian.

2. Judul yang diajukan tidak sesuai dengan roadmap penelitian/kepakaran dosen

Sebagai contoh, kepakaran dosen tersebut adalah etika komunikasi, sedangkan judul penelitian yang diajukan mahasiswa adalah mengenai politik.

Kondisi tersebut tentu saja menjadi faktor alasan dosen menolak judul skripsi yang diajukan, karena politik bukan merupakan pakar dosen tersebut.

3. Judul tidak sesuai dengan kajian program studi mahasiswa

Sebagai contoh, program studi yang ditempuh adalah Manajemen Komunikasi, sedangkan judul yang diajukan berkaitan dengan Manajemen Ekonomi.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.