5 Jenis Angklung yang Wajib Diketahui di Hari Jadi Angklung 16 November 2022

HARIANE – Pada hari jadi angklung yang jatuh pada 16 November 2022 ini, hendaknya sebagai warga negara Indonesia mengetahui 5 jenis angklung.

5 jenis angklung yang wajib diketahui ini memiliki warna suaranya sendiri.

Keunikan warnanya ini membuat 5 jenis angklung tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Dari 5 jenis angklung yang akan dibahas ini, ada yang tahun ini usianya sudah mencapai 84 tahun, digunakan untuk lagu-lagu daerah tertentu, dan memiliki karakter yang sangat unik.

BACA JUGA:  Harga Emas Perhiasan Hari Ini Jumat 18 November 2022 Semakin Melambung! Cek Rincian Lengkapnya Disini

Inilah penjelasan masing-masing angklungnya yang informasinya diperoleh dari laman Gramedia, Rumah Belajar Kemdikbud, serta Disdik Kabupaten Purwakarta.

Angklung merupakan alat musik khas Indonesia yang terdiri dari dua sampai empat tabung bambu dan sering ditemui di Jawa Barat.

Ikatannya biasanya dibuat dengan tali rotan. Tabungnya pun dipangkas dan dipotong sedemikian rupa agar menghasilkan nada tertentu.

Angklung ini diakui secara global dan telah terdaftar sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity di UNESCO sejak November 2010.

Cara memainkannya juga berbagai macam, mulai dari digetarkan (kurulung) yakni dipegang dengan satu tangan dan digoyangkan oleh tangan lainnya, disentak (cetok) atau ditarik dengan cepat oleh jari ke telapak tangan kanan, serta ditengkep yang artinya salah satu tabung ditahan agar tidak ikut bergetar.

Setelah mengerti tentang pengertian dan cara memainkannya, berikut jenis-jenis angklung.

5 jenis angklung: Angklung Padaeng

Angklung Padaeng merupakan salah satu jenis angklung yang sudah ada sekitar tahun 1938.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.