Kenaikan Harga BBM Terbaru Membuat Rakyat Menjerit, Legislator: Masih Banyak Solusi yang Bisa Dilakukan

HARIANE – Kenaikan harga BBM terbaru yang telah diumumkan pemerintah kini sedang menjadi pusat perhatian masyarakat.

Kebijakan terkait kenaikan harga BBM terbaru ini juga telah memunculkan kritis dari berbagai pihak.

Dimana dalam membuat kebijakan terkait kenaikan harga BBM terbaru, DPR menilai pemerintah tidak mendengarkan suara rakyat.

Adapun DPR menjelaskan sebenarnya sudah dilakukan diskusi terkait solusi sebelum diumumkannya kenaikan harga BBM terbaru ini oleh pemerintah.

BACA JUGA:  Harga Terbaru BBM Subsidi, Berdasarkan Konferensi Pers Presiden Jokowi

Tanggapan DPR Terkait Penetapan Kenaikan Harga BBM Terbaru oleh Pemerintah

Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari pada Sabtu, 3 September 2022 memberikan kritik kepada pemerintah yang dinilai sama sekali tidak memperhatikan kondisi masyarakat yang baru saja bangkit pasca-pandemi Covid-19. 

Dalam kebijakan naiknya harga BBM ini, Pemerintah dinilai hanya mencari jalan cepat tanpa memperhatikan masyarakat.

“… Ini sangat bertolak belakang dengan jargon pemerintah ‘Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat’. Ternyata yang dilakukan pemerintah malah menambah beban rakyat,” ucapnya.

Selanjutnya kritik tajam pun disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI Rofik Hananto yang menilai kebijakan ini sebagai ketidakpekaan pemerintah terhadap kesulitan rakyat yang sedang membangun kembali ekonominya yang sempat terpuruk dua tahun terakhir akibat Covid-19. 

Di mana imbas dari kenaikan BBM ini nantinya jelas akan menaikkan biaya transportasi dan harga-harga barang. Sehingga dapat membuat pendapatan rakyat akan tergerus karena daya beli menurun.