Program IBM Bidang Permukiman di Jawa Tengah Serap 9 Ribu Tenaga Kerja, Kementerian PUPR: Mempercepat Pemulihan Ekonomi

HARIANE – Program IBM Bidang Permukiman di Jawa Tengah merupakan program infrastruktur kerakyatan yang dilakukan melalui skema padat karya.

Kementerian PUPR dalam pelaksanaan Program IBM Bidang Permukiman di Jawa Tengah ini melibatkan secara aktif masyarakat setempat sebagai pelaku pembangunan.

Skema padat karya ini berlaku khususnya dalam Program IBM Bidang Permukiman di Jawa Tengah.Masyarakat dilibatkan mulai dari infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

Berikut informasi selengkapnya seputar Pada 2022 Program IBM Bidang Permukiman di Jawa Tengah yang bisa disimak dibawah ini.

BACA JUGA:  Target Juara Umum, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022 Pada Bulan Juli di Jawa Tengah

Program IBM Bidang Permukiman di Jawa Tengah

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah, mengatakan proyeksi program di Jawa Tengah ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 5.152 orang.

Di mana realisasi dari padat karya bidang permukiman di Jawa Tengah yang sudah dilaksanakan ini secara fisik 34,75%.

Serta penyerapan keuangan 68,16% senilai Rp 194,7 miliar dengan tenaga kerja yang sudah terserap sebanyak 9.198 orang atau lebih besar dari target semula.

Sedangkan secara nasional, alokasi anggaran IBM bidang permukiman 2022 sebesar Rp2,11 triliun diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi 60.466 tenaga kerja. 

Dilibatkannya masyarakat setempat secara aktif oleh Kementerian PUPR ini ditujukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi, meningkatkan daya beli masyarakat, serta mendistribusikan dana hingga ke desa atau pelosok.