Viral Video Xi Jinping Tegur PM Kanada Trudeau di KTT G20, Ini Tanggapan Juru Bicara China

HARIANE – Beredar video yang menampilkan momen Presiden Xi Jinping tegur PM Kanada Trudeau saat keduanya menjadi tamu yang diundang dalam KTT G20 di Bali.

Video Presiden Xi Jinping tegur PM Kanada Trudeau ini telah menyebar di beberapa akun sosial media, salah satunya akun Instagram @fakta.indo.

Berdasarkan informasi dari akun @fakta.indo pada Kamis, 17 November 2022, Xi Jinping tegur PM Kanada Trudeau di sela-sela pertemuan KTT G20 Bali.

Dalam video tersebut, Xi Jinping tegur PM Kanada Trudeau dengan dibantu oleh seorang penerjemah Presiden China tersebut.

Atas beredarnya video Xi Jinping tegur PM Kanada Trudeau hingga menjadi viral di sosial media, China akhirnya angkat bicara.

BACA JUGA:  Penyidik Tetapkan 4 Tersangka Kasus Investasi Bodong Alat Kesehatan, Kerugian Capai Ratusan Miliar

Tanggapan China Soal Xi Jinping Tegur PM Kanada Trudeau

Menurut pemberitaan dari Reuters, Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning mengungkapkan bahwa Presiden Xi Jinping tidak mengkritik PM Kanada Trudeau.

Menurut penuturan Mao Ning, video yang beredar adalah hal normal yang dilakukan oleh kedua pemimpin negara saat pertemuan KTT G20.

“Video yang Anda sebutkan memang percakapan singkat yang dilakukan kedua pemimpin selama KTT G20. Ini sangat normal. Saya kira itu tidak boleh diartikan bahwa Presiden Xi mengkritik atau menuduh siapa pun,” ujar Mao Ning, diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Mao Ning juga menyampaikan bahwa China mendukung pertukaran yang terang-terangan (jujur) selama diadakan atas dasar kesetaraan.

Momen Xi Jinping Tegur PM Kanada Trudeau

Xi Jinping tegur PM Kanada Trudeau
Presiden Xi Jinping tegur PM Kanada Trudeau. (Foto: Instagram/@fakta.indo)

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com