Update Banjir di Gunungkidul Hari Ini 19 November 2022: 61 Warga Semin Mengungsi Butuh Popok Dewasa dan Bayi

HARIANE – Banjir di Gunungkidul hari ini Sabtu, 19 November 2022 menyebabkan sebanyak 61 jiwa dari 41 kepala keluarga mengungsi di Kalurahan Candirejo, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta.

Banjir di Gunungkidul hari ini yang disebabkan oleh luapan Sungai Oya membuat sejumlah wilayah di sekitar daerah aliran sungai terdampak bencana hidrometeorologi.

Selain puluhan warga yang harus mengungsi, banjir di Gunungkidul hari ini juga sebabkan dua orang warga Dusun Blembem, Candirejo, Semin, yang tertimbun tanah longsor masih dalam pencarian tim gabungan.

Saat ini kebutuhan paling mendesak untuk warga yang berada di pengungsian adalah popok dewasa dan juga popok bayi.

BACA JUGA:  2 Pelajar Terseret Banjir Gunungkidul Hari Ini, Sejumlah Titik Longsor Terjadi Pasca Hujan Berjam-jam

Banjir di Gunungkidul Hari Ini Sebabkan Sejumlah Wilayah Terdampak Bencana

banjir di gunungkidul hari ini
Sejumlah warga terpaksa harus mengungsi karena tinggal di daerah rawan bencana. (Foto: Instagram/tagana_gk)

Hujan lebat yang mengguyur rata di seluruh wilayah Yogyakarta, tidak terkecuali Gunungkidul pada Jumat, 18 November 2022 menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir di sejumlah wilayah.

Berdasarkan laporan dari TRC BPBD DIY, wilayah yang terdampak bencana hidrometeorologi adalah Semin (Sumberejo, Candirejo, Semin), Ngawen (Watusigar), dan Nglipar (Katongan, Nglipar, Kedungpoh).

Salah satu wilayah yang mengalami dampak parah bencana hidrometerologi adalah Dusun Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul.

Sebanyak 15 kk rumahnya terendam banjir dan 4 kk rumahnya rusak karena tertimpa tanah longsor. Dari bencana tanah longsor di Semin, 2 orang masih dilaporkan hilang diduga karena tertimbun reruntuhan rumah dan lumpur.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com