Mengenal Destinasi Wisata Alam Geopark Ijen, Bakal Diresmikan Sebagai UGG Baru di 2023

HARIANE – Baru-baru ini dewan UNESCO (The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization) Global Geopark (UGG) telah menyepakati usulan destinasi wisata alam Geopark Ijen sebagai UGG. 

Total ada tujuh UGG baru, termasuk destinasi wisata alam Geopark Ijen dan enam lainnya dari berbagai dunia yang diusulkan dalam sidang yang dihadiri 73 pengamat dan perwakilan dari 20 negara anggota.

Dilansir dari laman resmi UNESCO, menjelaskan bahwa akan ada tujuh UGG baru termasuk destinasi wisata alam Geopark Ijen yang rencananya akan disahkan selama sesi Musim Semi 2023.

Destinasi Wisata Alam Geopark Ijen Bakal Jadi UGG Baru di Indonesia

destinasi wisata alam geopark Ijen
Tim asesor UNESCO yang berkunjung ke Kawah Ijen, sebagai situs andalan destinasi wisata alam Geopark Ijen. (Foto: Instagram/geoparkijen)

UNESCO Geopark Global merupakan kawasan geografis tunggal dan terpadu, dimana situs dan geologisnya dikelola dengan konsep holistik pendidikan, perlindungan, serta pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:  Wisata Alam De Djawatan di Banyuwangi, Seperti dalam Film The Lords of The Rings

Mengusung pendekatan bottom-up, pengelola diwajibkan untuk menggabungkan konservasi dengan pembangunan berkelanjutan, serta melibatkan masyarakat lokal secara langsung.

Dewan UGG inilah yang bertanggung jawab penuh terhadap proposal pengajuan geopark baru. Jika usulan disetujui, maka nominasi proposal akan diajukan ke Dewan Eksekutif UNESCO untuk disahkan.