Kecap dan Saus Sambal ABC Ditarik dari Singapura, Ada Kandungan Berbahaya?

HARIANE – Kecap dan saus ABC ditarik dari Singapura setelah resmi diduga mengandung bahan-bahan alergen. Bahan alergen sebenarnya tidak berbahaya kecuali bagi konsumen yang alergi.

Singapore Food Agency (SFA) sebagai penanggung jawab bahan pangan di Singapura memutuskan kecap dan saus sambal ABC ditarik dari Singapura setelah diketahui tidak mencantumkan kandungan secara lengkap.

Kecap dan saus sambal ABC ditarik dari Singapura bersama dengan produk-produk luar negeri lainnya seperti Jepang, Fukutoku Seika Soft Cream Wafer.

Kecap dan saus sambal ABC ditarik dari Singapura

Dilansir dari laman SFA yang mengungkapkan ketiga produk, termasuk kecap manis ABC, saus sambal ayam goreng ABC dan wafer Fokutoku mengandung bahan yang dapat memicu alergi dalam tubuh.

BACA JUGA:  Superfood! 8 Makanan dengan Gizi Tinggi yang Belum Banyak Diketahui

Kecap manis ABC dan saus sambal ayam goreng ABC diketahui mengandung asam benzoat yang tidak dijelaskan pada label kemasan saus sambal ayam goreng ABC.

Sedangkan dalam Singapore Food Regulations ditetapkan bahwa bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas dalam bahan makanan harus disertakan pada label kemasan makanan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Semua bahan yang terdapat dalam produk juga harus dicantumkan dari kandungan yang paling berat hingga yang paling ringan.

Produk-produk yang tidak sesuai dengan standar SFA diminta untuk ditarik kembali oleh importir.

Kecap dan saus sambal ABC yang ditarik peredarannya dari Singapura berasal dari New Intetion Trading Co dan Arklife Distributors.