Pernah Melihat Kode SPBU Pertamina Bertuliskan 31 dan 34? Ternyata Ini Artinya

HARIANE – Selama ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui kalau kode SPBU Pertamina yang biasanya tertera di papan informasi mengandung arti penting.

Kode SPBU Pertamina yang menggunakan angka tersebut ternyata menginformasikan pengelola SPBU tersebut.

Lantas apa arti kode SPBU Pertamina dan bagaimana cara membedakannya? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mengetahui Arti Kode SPBU Pertamina

 

kode SPBU Pertamina
Kode SPBU Pertamina menunjukkan siapa pemilik dan pengelola pom bensin tersebut. (Pixabay/bere_moonlight0)

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau disingkat dengan SPBU adalah tempat yang menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk kendaraan mereka.

Selama ini banyak masyarakat mengira kalau SPBU Pertamina hanya dimiliki dan dikelola oleh pemerintah saja. Padahal sebagian SPBU Pertamina ada yang dimiliki serta dikelola oleh swasta.

Untuk mengetahui mana SPBU Pertamina yang dimiliki dan dikelola pemerintah ataupun swasta, seseorang harus melihat dari kode yang tertera di papan informasi.

Banyak masyarakat yang mengira kalau papan informasi hanya menampilkan harga berbagai jenis BBM yang tersedia per liternya.

Padahal jika dilihat lebih jeli, ada sejumlah angka yang biasanya tertera dibagian atas papan informasi. Angka tersebut biasanya dissebut dengan kode SPBU Pertamina.

BACA JUGA:  Kondisi Pasca Harga BBM Naik: SPBU di 2 Daerah Ini Dijaga Ketat Polisi

Dilansir dari laman resmi MyPertamina, hingga saat ini ada tiga macam SPBU Pertamina berdasarkan pemilik dan pengelola, yakni :