Penyebab Mata Merah ? Berikut Tips Mencegah dengan Mudah

HARIANE-Penyebab mata merah seringkali menjadi pertanyaan setiap orang.

Lantaran banyak dari mereka sering mengalami mata merah dan juga sakit. Hal itu menjadi mengganggu penglihatan, dan terkadang penyebab mata merah sering diabaikan.

Selain itu, menimbulkan rasa tidak nyaman sekaligus mengganggu aktivitas keseharian. Lantas apa penyebab mata merah?

Penyebab Mata Merah dan Cara Mencegah

Dilansir dari website Unair, mata merah bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun seringkali menjadi perhatian setiap orang, lantaran mengganggu penglihatan maupun saat beraktivitas.

Walaupun tidak bahaya, tetap tidak boleh diabaikan. Apalagi mata merah disertai gejala lain seperti perih, gatal, berair, belekan atau bengkak.

BACA JUGA:  5 Cara Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Harus ke Dokter, Mudah dan Pakai Bahan Alami!

Penyebab Mata Merah

penyebab mata merah
Penyebab mata merah, hindari melihat layar komputer terlalu lama. (Foto iStock/somethingway)

Mata merah disebabkan beberapa hal, diantaranya yaitu:

Kemasukan Debu

Karena debu atau partikel lain yang masuk ke mata, yang menyebabkan mata mengalami pembengkakan atau melebarnya pembuluh darah di dasar selaput putih mata.

Mata kering

Penyebab mata merah selanjutnya adalah karena mata kering, yakni ketika kelenjar air mata tidak memproduksi air yang banyak atau karena air mata terlalu banyak yang menguap.

Sehingga timbulah mata memerah disertai rasa perih atau nyeri. Selian itu, mata kering juga dipicu oleh cuaca, penggunaan lensa yang lama, atau bahkan karena penyakit.

Cedera

Cedera menjadi salah satu penyebab mata merah, yakni ketika terkena paparan sinar UV berlebih, terpapar benda asing maupun zat kimia, atau mengalami kecelakaan.