Waspada! Peringatan Dini Gelombang Tinggi Dikeluarkan BMKG, Terutama Wilayah Jawa Bagian Timur

HARIANE – Peringatan dini gelombang tinggi dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hal itu berdasarkan pantauan cuaca perairan, yang membuat peringatan dini gelombang tinggi dikeluarkan sehingga masyarakat dapat waspada terhadap kemungkinan yang terjadi.

Lalu daerah mana saja yang perlu memperhatikan peringatan dini gelombang tinggi yang baru saja dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)?

Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Peringatan dini gelombang tinggi
Kecepatan angin tinggi di wilayah Laut Jawa bagian timur. (Foto ilustarsi/pexels)

Berdasarkan pantauan dari Pusat Meteorologi Maritim, pola angin di wilayah Indonesia terutama bagian Laut Jawa bagian timur memiliki kecepatan angin yang cukup tinggi daripada wilayah laut lainnya.

BACA JUGA:  Atap Indoor Multifunction Stadium GBK Selesai, Erick Thohir : untuk Pertandingan Basket di Tahun 2023

Tepatnya pada Perairan Kepulauan Sangihe – Kepulauan Talaud dan juga Laut Arafuru bagian timur. Untuk wilayah Indonesia bagian utara dan selatan, terpantau memiliki kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot.

Dilansir dari situs resmi BMKG, hasil pantauan kecepatan angin tersebut berpengaruh terhadap kondisi laut. Apalagi wilayah Laut Jawa bagian timur yang memiliki gelombang tinggi yang berkisar 2.50 hingga 4.0 meter.

Sedangkan area perairan bagian utara dan selatan terpantau sedang berkisar 1.25 hingga 2.50 meter. Beradsarkan kondisi laut yang sedang terjadi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com