Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata, Kemenparekraf Targetkan 45 Ribu Pekerja: Berikut Kuota, Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan

HARIANEKemenparekraf baru-baru ini telah mengumumkan akan menyelenggarakan program sertifikasi kompetensi SDM pariwisata berstandar nasional hingga ASEAN.

Program sertifikasi kompetensi SDM pariwisata ini hadir untuk memenuhi kebutuhan industri dan dunia usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten.

Adapun berikut dibawah ini informasi selengkapnya seputar sertifikasi kompetensi SDM pariwisata yang bisa anda simak dibawah ini.

BACA JUGA:  Segera Daftar! Lensa Kreatif Kemenparekraf 2022 Dibuka Hingga 24 Agustus, Program Stimulus untuk Insan Film dan Fotografi

Program Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata

Sertifikasi kompetensi SDM Pariwisata atau Certification of Tourism Human Resources merupakan bagian dari program Kemenparekraf yang bertujuan untuk:

– Mempercepat pemulihan dan peningkatan produktivitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui upskilling (peningkatan kompetensi), reskilling (penguatan kompetensi), new skilling (penambahan kompetensi baru) agar sumber daya manusia pariwisata dan juga ekonomi kreatif kita unggul, kompeten, dan berdaya saing.

– Memfasilitasi calon tenaga kerja/tenaga kerja pariwisata untuk mendapatkan sertifikat kompetensi melalui suatu uji kompetensi oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang terakreditasi BNSP

– Memfasilitasi kerjasama antara LSP dengan industri pariwisata dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja bersertifikat kompetensi dan mempercepat pengakuan industri pariwisata terhadap tenaga kerja pariwisata bersertifikat.

Acuan Pelaksanaan Program Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata

Selain “Certification of Tourism Human Resources“, juga diluncurkan program penyusunan “Competency-Based Standards (CBS)”.