Vaksinasi Capai 100 Persen, Pemkot Bandung Terapkan Skema Pengetatan Saat Nataru

hariane.com – Hingga saat ini, satgas Covid-19 Kota Bandung belum menemukan adanya kasus terpapar Omicron di Kota Kembang tersebut. Sementara untuk capaian vaksinasi dosis pertama telah mencapai lebih dari 100 persen.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna, Senin 20 Desember 2021 mengatakan, data terakhir menunjukkan jika vaksin Covid-19 sudah diberikan kepada 1.956.190 orang. Jumlah tersebut sudah melebihi standar minimal cakupan sebesar 1.952.358 atau 70 persen dari total penduduk Kota Bandung.

“Untuk dosis kedua sudah diberikan pada 1.732.031 orang atau sekitar 88,70 persen,” terang Ema.

BACA JUGA: Antisipasi Banjir Tahunan, Semarang Keruk Drainase, Sungai dan Embung Muktiharjo

Dikatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memang sengaja melakukan akselerasi vaksinasi agar kekebalan komunal masyarakat terhadap Covid-19 segera terbentuk. Untuk itu, target 100 persen harus tercapai di Desember 2021 ini.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya akan segera mengupayakan agar pemberian vaksin Covid-19 dosis kedua segera rampung. Hanya saja, pemberian vaksin dosis kedua ini tetap harus mengikuti jadwal karena adanya keharuan jeda penyuntikan vaksin.

Terkait pengendalian wabah Covid-19, Ema mengatakan jika di Bandung semua relatif terkendali. Hal ini bisa dilihat dari keter-isian tempat tidur di kisaran 5 persen dan angka rata-rata positif Covid-19 di kisaran 1,2.

BACA JUGA: Industri, Pertanian, dan Pariwisata Jadi Sektor Unggulan Ekonomi Bantul

Meski vaksinasi dan angka positif Covid-19 relatif rendah, Ema menghimbau agar masyarakat Bandung tetap waspada dan taat pada protokol kesehatan. Terlebih, adanya varian baru Covid-19 Omicron harus diwaspadai.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com