Simak 3 Provinsi Baru di Indonesia Setelah Diresmikan Mendagri pada Hari ini 11 November 2022

HARIANE – Provinsi baru di Indonesia resmi bertambah jumlahnya menjadi 37. Jumlah ini bertambah setelah sebelumnya ditetapkan sebagai 34 provinsi dalam era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Berita mengenai penambahan provinsi baru di Indonesia disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Kurniawan di Kantor Mendagri pada Jumat, 11 November 2022.

Dalam putusannya, Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) resmi menetapkan penambahan tiga provinsi baru di Indonesia. Kemudian apa saja provinsi baru di Indonesia tersebut? Simak informasi di bawah ini.

Provinsi baru di Indonesia

Provinsi baru di Indonesia
Mendagri resmikan provinsi baru di Indonesia. (Foto: PMJ News)

BACA JUGA:  Ketahui Tiga Provinsi Baru di Papua

Dilansir dari laman PMJ News, Kemendagri resmi menetapkan provinsi-provinsi baru sebagai wujud pemekaran wilayah Indonesia bagian timur, khususnya Papua.

Provinsi-provinsi baru yang merupakan pemekaran dari wilayah Papua yaitu Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

Hal ini dikonfirmasi oleh Mendagri Tito yang mengatakan penambahan provinsi telah resmi dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan pejabat sementara untuk provinsi baru tersebut.

Hari ini kita melaksanakan peresmian tiga provinsi baru di Papua. Bertambah dari 34 provinsi menjadi 37 provinsi, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan,” ungkapnya.

Peresmian provinsi baru di Indonesia ini dilakukan secara bersamaan dengan pelantikan pejabat sementara tiga Gubernur Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua di Kantor Mendagri.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com