4 Penyakit di Musim Hujan yang Wajib Diketahui, Ada yang Dipicu oleh Hawa Dingin

HARIANE – Memasuki musim hujan, membuat warga Indonesia harus lebih waspada terhadap penyakit di musim hujan.

Di antara empat penyakit di musim hujan berikut, ada yang dipicu oleh perubahan hawa, dari yang awalnya panas menjadi dingin.

Sebagian penyakit di musim hujan lainnya disebabkan oleh faktor eksternal yang bisa dihindari jika mengetahuinya.

Untuk mengetahui detail informasi tiap penyakit di musim hujan tersebut, inilah empat daftarnya yang dilansir dari AXA Krungthai dan Instagram Polres Malang Kota.

BACA JUGA:  Harus Hindari! 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Makin Besar, Salah Satunya Terlalu Sering Gunakan Kertas Minyak di Wajah

1. Penyakit di musim hujan: Flu

Meski sering dianggap sama, ternyata flu di musim hujan memiliki perbedaan dengan flu di musim kemarau.

Perbedaan tersebut terletak pada gejalanya. Jika flu di musim panas umumnya diikuti oleh demam, flu di musim hujan memiliki kemungkinan untuk disertai dengan komplikasi seperti pneumonia.

Hal parah yang bisa terjadi oleh penderita penyakit yang berasal dari virus di saluran pernapasan ini, bisa sangat berbahaya jika menyerang anak-anak, orang tua, pasien penyakit kronis, penderita yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, serta bagi orang yang mengonsumsi obat imunosupresi.

Agar mencegah penyakit ini, hal yang perlu dilakukan hampir sama dengan protokol Covid-19 yang sudah dijalankan dari beberapa tahun belakangan yakni sering mencuci tangan terutama saat ke toilet atau baru pulang ke rumah, menghindari ruangan yang sirkulasi ruangannya terbatas, dan memakai masker terutama saat kekebalan tubuh menurun.

2. Demam Berdarah

Demam berdarah sudah bukan hal baru lagi jika membahas mengenai penyakit di musim hujan.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.