9 Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2, Ketahui di Hari Diabetes Sedunia 14 November 2022

HARIANE – Gejala diabetes melitus tipe 1 dan 2 berikut ini penting untuk diketahui mengingat Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November.

Gejala diabetes melitus tipe 1 dan 2 menjadi sangat penting karena ternyata tanda-tanda diabetes tidak hanya bisa dideteksi secara fisik.

Ada juga kondisi-kondisi mental yang dijadikan patokan melihat gejala diabetes melitus tipe 1 dan 2, meskipun kondisi mental ini juga karena pengaruh dari gejala fisik yang dirasakan.

Hari Diabetes Sedunia 14 November 2022 ini bisa jadi momen untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap penyakit tidak menular ini.

BACA JUGA:  Efek Samping Operasi Buang Jakun Seperti yang Dilakukan Dinda Syarif

Apa Saja Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2 Menurut Kemenkes RI?

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November secara internasional yang merupakan hari ulang tahun dari Frederick Grant Banting di tahun 1891.

Banting adalah salah satu penemu insulin yang hingga saat ini digunakan sebagai pengobatan pasien diabetes melitus agar kadar gula darahnya tetap terkontrol.

Tujuan dari ditetapkannya Hari Diabetes Sedunia 14 November adalah untuk mengkampanyekan tentang penyakit diabetes melitus dan hal-hal yang berkaitan dengan penyakit ini, termasuk gejalanya.

Berikut adalah gejala diabetes melitus tipe 1 dan 2 menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI):

1. Buang Air Lebih Sering

gejala diabetes melitus tipe 1 dan 2
Lebih sering buang air kecil bahkan ketika sudah tidur adalah salah satu ciri-ciri diabetes melitus. (Ilustrasi: Freepik/benzoix)

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com