Bjorka Ungkap Kasus Munir Jadi Trending Twitter, Ramai Dianggap Temukan Dalangnya?

HARIANE – Bjorka ungkap kasus Munir tengah ramai dijadikan topik pada media sosial Twitter. Alasannya,  Bjorka yang diklaim mampu merentas dokumen-dokumen dari Badan Intelijen Negara (BIN) dianggap juga mampu mengungkap dalang di balik kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib.

Keinginan Bjorka ungkap kasus Munir, juga didasari informasi bahwa hacker tersebut diduga berhasil merentas informasi pribadi, Johnny G Plate yang menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Seperti diketahui, sebelum ‘kampanye’ Bjorka ungkap kasus Munir, jagat maya sempat dihebohkan denga kemunculan akun Twitter @darktracer_int yang menyatakan bahwa informasi pribadi Johnny G Plate direntas oleh hack.

Aktor jahat “Bjorka” membocorkan informasi identitas pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia dan mengejeknya,” tulis keterangan pada unggahan akun Twitter @darktracer_int Sabtu, 10 September 2022.

BACA JUGA:  Siapa itu Bjorka? Sebut Akan Bocorkan Data MyPertamina Setelah Surat Rahasia Presiden RI

Bjorka merupakan hacker yang sudah muncul dalam berita-berita terkait perentasan data di Indonesia, sejak Agustus lalu.

Kehadiran Bjorka beserta informasi lainnya diketahui melalui situs Breached.to pada Jumat, 9 September 2022, di laman tersebut Bjorka juga mengunggah hasil rentasan dokumen rahasia milik Badan Intelijen Negara (BIN) kepada Presiden Joko Widodo.

Kemudian netizen men-tag Bjorka ungkap kasus Munir yang sudah lama terjadi dan tidak kunjung menemukan titik terang.

Sekilas mengenai insiden Munir

Bjorka ungkap kasus Munir
Sosok Munir yang ramai dibahas netizen terkait Bjorka ungkap kasus Munir. (Foto: Twitter/dimasjermy)

Sebelumnya, sosok aktivis HAM, Munir Said Thalib atau Munir ditemukan meninggal dunia pada 7 September 2004, dalam keadaan terbunuh di dalam pesawat saat melakukan penerbangan dari Jakarta ke Belanda untuk melanjutkan pendidikan ke Amsterdam.

Di tengah perjalanan menuju Amsterdam, Munir merasakan sakit perut usai meminum segelas jus jeruk, namun sebelumnya saat transit di Bandara Changi, Singapura menurut kesaksian setelah pesawat lepas landas kembali Munir terlihat beberapa kali ke toilet dan seperti orang sakit.