Bupati Bantul Berharap Seniman Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi

hariane.com – Para pekerja seni atau seniman merupakan salah satu profesi yang paling terpukul dengan adanya pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir. Padahal, dengan karya-karyanya, para seniman sangat berjasa dalam mendorong majunya budaya dan perekonomian, khususnya lewat jalur promosi pariwisata.

Selama masa pandemi, banyak seniman, terutama seniman pertunjukan, harus menganggur dan kehilangan mata pencariannya. Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pekerja seni ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memberikan bantuan sosial, Selasa 21 Desember 2021.

Pemberian bantuan sosial ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi antara Pemkab Bantul dengan 604 pekerja seni dari 16 paguyuban seni Bantul. Pemkab Bantul berharap, melalui silaturahmi ini bisa turut memberikan motivasi dan semangat para seniman untuk terus berkarya dengan inovasi, kreativitas dan konsep-konsep baru.

BACA JUGA: Industri, Pertanian, dan Pariwisata Jadi Sektor Unggulan Ekonomi Bantul

Dengan demikian, ketika kondisi pandemi Covid-19 mereda, mereka bisa kembali menunjukkan karya terbaik untuk menghibur masyarakat dan mendorong sektor wisata yang merupakan bagian penting dalam pengembangan perekonomian Bantul.

“Pandemi Covid-19 menjadi pukulan bagi seluruh sektor di Bantul, tentunya para pelaku seni dan budaya juga terkena dampak, semuanya pasti kena dampak,” ujar Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.

Melihat hal ini, Pemkab Bantul dan pemerintah provinsi DIY merasa perlu untuk memberikan bantuan sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku seni.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com