Srimulyo, Smart Village Dengan Destinasi Wisata Terbanyak di Indonesia

hariane.com – Desa Srimulyo diresmikan sebagai Smart village oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, Sabtu 4 Desember 2021. Meski terletak di pegunungan kapur yang tandus, pemerintah desa dan warganya berhasil menyulap menjadi desa wisata.

Selain meresmikan Desa Srimulyo sebagai Smart Village, Abdul Halim Iskandar juga meresmikan GOR BUMDesa.  Keduanya dikolaborasikan menjadi satu kegiatan yang disebut Gerbang Madu (Gerakan Pembangunan Masyarakat Terpadu). Gerbang Madu sendiri merupakan semboyan Desa Srimulyo yang sekaligus digunakan sebagai nama event tahunan dalam rangka hari jadi desa.

Abdul Halim Iskandar mengatakan, hampir setiap mengunjungi desa, dia selalu memberi motivasi agar desa terus mendorong daya kreativitas dan inovasi. Kondisi alam yang kurang menguntungkan tidak boleh dijadikan alasan desa tidak maju.

BACA JUGA: Gaya Hidup Seperti Ini Justru Bikin Kesehatan Terancam Loh

“Desa Srimulyo memang beda. Berada di situasi tidak ideal, desa mengelola kondisi tidak ideal menjadi daya tarik wisata. Tak tanggung-tanggung, terdapat 19 destinasi wisata alam yang dikelola dan dikembangkan BUM Desa ini,” ujar Halim saat memberi sambutan.

Dalam kesempatan itu, juga menyampaikan  apresiasi pada lurah, perangkat desa serta masyarakat Srimulyo. Karena hanya dengan kesadaran dan kemauan masyarakat untuk gotong-royong,  serta pemanfaatan dana desa yang baik, inovasi bisa dicapai. Terlebih, pengembangan wisata desa ini hampir sepenuhnya memanfaatkan kas desa.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com