Ingin Mendaki Bukit Sikendil? Simak 9 Tips Mendaki Bukit Sikendil Bagi Para Pemula Ini

HARIANE – Tips Mendaki Bukit Sikendil adalah satu cara bagi para pemula yang baru ingin mulai mendaki. Sebagai salah satu latihan untuk dapat mendaki bukit atau gunung yang lebih tinggi lagi. Bukit Sikendil merupakan salah satu tujuan para pendaki pemula untuk sekedar latihan atau sekedar ingin mendaki namun bukan gunung yang terlalu tinggi.

Para pendaki pemula harus mengerti tips yang dibutuhkan untuk mendaki Bukit Sikendil ini. Sikendil adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa tengah. Bukit ini memiliki ketinggian 1.800 mdpl dengan view dikelilingi oleh Gunung Sindoro dan Sumbing. Dari puncak Bukit Sikendil, pemandangan Gunung Sindoro terpampang jelas dan keren!

Dikelilingi oleh gunung besar, bukan berarti Bukit Sikendil menjadi kalah dengan gunung-gunung lainnya namun mendaki bukit ini termasuk sedikit tricky. Bagaimanakah tips mendaki Bukit Sikendil bagi para pendaki pemula?

1. Persiapkan Secara Teliti Peralatan Camping

Untuk para pendaki yang ingin menginap atau camping di Bukit Sikendil, tentunya tidak boleh melewatkan peralatan penting dalam mendaki. Peralatan yang dimaksud adalah tenda, matrass, slteeping bag, nesting atau peralatan memasak, dan peralatan makan lainnya.

Peralatan tersebut harus disipakan sebelumnya atau akan kebingungan saat camping.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Wisata Alam di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur yang Bikin Sejuk

2. Persiapkan Peralatan Pribadi

Peralatan saat mendaki yang dimaksud adalah carrier atau tas mendaki, baju hangat atau jaket, baju ganti, sepatu khusus untuk mendaki, tracking pole, alat penerangan atau senter. Kebutuhan lainnya yang diperlukan adalah kotak P3K, obat-obatan, tisu dan kebutuhan pribadi lainnya. Sebagai catatan, tidak diperbolehkan untuk membawa tisu basah karena termasuk sampah yang susah terurai.

3. Jangan Mendaki Saat Musim Hujan

Seperti gunung-gunung lainnya, Bukit Sikendil juga memiliki trek licin jika dilalui saat musim hujan. Sebaiknya menghindari musim hujan selama periode bulan Oktober hingga April dan sebagai gantinya, dapat dilakukan pendakian pada musim kemarau yaitu bulan Mei hingga September.

4. Bebas Menentukan Hari

Bukit Sikendil merupakan satu dari beberapa gunung atau bukit yang jarang dikunjungi oleh pendaki karena ketinggiannya yang dianggap “tanggung” sehingga kebanyakan orang akan lebih memilih mendaki Gunung Sindoro atau Gunung Sumbing yang lokasinya tidak jauh dan memiliki ketinggian dua kali lipat dari Bukit Sikendil. Oleh karena itu, Bukit Sikendil cenderung lebih sepi dan para pendaki pemula dapat bebas menentukan hari tanpa takut penuh dan ramai.

5. Gunakan Peralatan Mendaki

Para mendaki pemula disarankan untuk menggunakan tracking pole dan sepatu khusus mendaki dengan alasan utamanya adalah demi keamanan saat mendaki. Karena gunung dan bukit memiliki suhu yang lebih dingin, jangan lupa membawa baju hangat demi menghindari hipotermia saat mendaki atau saat berada di puncak.

6. Gunakan Fasilitas yang Disedikan

Fasililitas yang dimaksud adalah tali yang disediakan untuk membantu para pendaki pemula untuk mencapai puncak bukit. Walaupun memiliki ketinggian yang cenderung lebih pendek dari gunung-gunung lainnya, namun Bukit Sikendil memiliki trek yang terbilang cukup susah. Trek yang dilalui untuk mencapai puncak cenderung curam dan sempit.