5 Manfaat Berjemur Sinar Matahari, Salah Satunya Bikin Mood Naik

HARIANE – Beberapa manfaat berjemur sinar matahari berikut ini ternyata tak banyak diketahui oleh kaum awam.

Manfaat berjemur sinar matahari terutama pada waktu-waktu di bawah pukul sepuluh dapat dirasakan oleh tubuh.

Banyaknya manfaat berjemur sinar matahari bahkan membuat para dokter menganjurkan pasiennya rutin berjemur untuk mendapatkan manfaat-manfaat dari sinar matahari.

Influencer sekaligus dokter, Clarin Hayes, menyampaikan bahwa efek baik sinar matahari dapat dirasakan sekitar pukul 9.00–10.00 pagi atau setelah pukul 16.00 dengan durasi berjemur kurang lebih 15–20 menit.

BACA JUGA:  5 Cara Memutihkan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari, Cepat dan Ampuh Ratakan Warna Kulit

Dilansir dari kanal YouTube Clarin Hayes, berikut manfaat berjemur sinar matahari bagi tubuh:

1. Meransang Sintesis Vitamin D

Sinar matahari diketahui dapat merangsang produksi vitamin D. Vitamin ini penting untuk membantu penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

Sinar matahari membantu mengonversi vitamin D yang inaktif menjadi vitamin D yang aktif di dalam tubuh.

2. Memperbaiki Mood Tubuh

Sinar matahari dapat mengurangi kemungkinan terjadinya depresi. Hal ini terjadi karena sinar matahari mengaktifan sintesis Serotonin (hormon bahagia) dalam tubuh.
.
Pakar kesehatan jiwa dari UGM, Dr.dr. Ronny Tri Wirasto, Sp.Kj. dalam laman resmi UGM mengatakan bahwa paparan sinar matahari yang cukup akan meningkatkan produksi Serotonin dan menjaga suasana hati untuk tetap baik dan merasa segar.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Paparan sinar matahari dari berjemur dapat membantu mengatur ritme sirkadian (siklus tidur-bangun) pada tubuh. Kondisi tersebut dapat membantu tubuh untuk mengantuk ketika matahari mulai terbenam.

4. Memperkuat Sistem Imun Tubuh