5 Tanda-tanda Burnout Syndrome, Waspada Bisa Sebabkan Gangguan Kejiwaan

HARIANE – Tanda-tanda Burnout Syndrome perlu diketahui lebih awal supaya bisa cepat diatasi dan mengurangi risiko gangguan kesehatan mental dan kejiwaan.

Tanda-tanda Burnout Syndrome biasanya dapat terlihat pada orang yang stres berat di tempat kerja dan tidak segera diatasi sehingga membuat penderitanya kehilangan semangat bekerja.

Selain dapat mempengaruhi kesehatan mental, tanda-tanda Burnout Syndrome berikut apabila tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan fisik seseorang.

Dilansir dari laman Kemenkeu, Burnout Syndrome sendiri adalah kondisi stres di mana pekerja merasa lelah secara mental, fisik, bahkan emosional karena pekerjaannya.

BACA JUGA:  Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Usia Remaja, Remaja Jompo Wajib Simak Salah Satunya Karena Stress

Burnout Syndrome bukanlah hal yang patut disepelekan karena berpotensi mempengaruhi produktivitas dalam bekerja hingga menurunnya kualitas hidup.

Menurut dokter Clarin Hayes melalui kanal Youtubenya, berikut tanda-tanda Burnout Syndrome yang perlu diwaspadai:

1. Mudah Kelelahan (Energi terkuras)

Mudah kelelahan merupakan tanda yang paling umum dirasakan oleh orang yang mengalami Burnout Syndrome.

Penderita akan merasa tenaganya selalu habis padahal tidak melakukan aktivitas apapun. Selain itu, tetap melakukan pekerjaan tanpa adanya semangat dapat menguras banyak energi dan memicu kelelahan.

2. Sakit Kepala

Tanda-tanda Burnout Syndrome berikutnya adalah mudah sakit kepala. Hal ini dapat terjadi karena Burnout yang terjadi secara berkepanjangan atau tidak diatasi dapat membuat imunitas tubuh menurun.

3. Pencernaan Terganggu

Pencernaan bermasalah, maag, hingga mual yang berlebihan juga merupakan tanda-tanda Burnout Syndrome.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com