Apa itu Politik Identitas? Lengkap Bahayanya, Perlu Diperhatikan Menjelang Pemilu 2024

HARIANE – Apa itu politik identitas? menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan masyarakat menjelang tahun politik.

Banyak pertanyaan terkait apa itu politik identitas? tentu tidak lepas dengan kekhawatiran masyarakat terhadap tindakan menyimpang yang berpotensi terjadi dalam Pemilu 2024.

Sekilas mengenai apa itu politik identitas? sebuah alat politik yang dimanfaatkan suatu kelompok etnis, suku, budaya, agama, dan sebagainya untuk tujuan tertentu.

BACA JUGA:  Cara Melaporkan Pelecehan Seksual Saat Berada di Dalam Kereta Api 

Melansir laman Bawaslu, Rahmat Bagja selaku Ketua Bawaslu memberikan prediksi terkait politik identitas yang semakin marak menjadi tren penyimpangan selama pesta demokrasi.

Prediksi kami yang paling besar ke depan, politik identitas akan dipakai sebagai serangan terhadap parpol atau kepentingan politik tertentu,” terang Bagja pada Kamis, 30 Juni 2022.

Politik identitas yang menyimpang berpotensi kembali dieksploitasi dan digunakan untuk hal-hal yang dilarang, menurut Bagja kerap muncul penyebaran isu hoax, SARA, dan sebagainya, seperti menyebarkan ujaran kebencian di rumah ibadah yang dilakukan para pelaku tidak bertanggung jawab, hingga adanya antipati tokoh agama.

Lalu, apa itu politik identitas? serta hal-hal berbahaya yang berpotensi terjadi.

Melansir laman UIN Jakarta bahwa politik identitas adalah sarana yang mengusung aspirasi, tuntutan kepentingan politik serta pemikiran politik. Hal tersebut mampu menciptakan beragam aksi untuk meraih tujuannya.

Apa itu identitas politik
Apa itu identitas politik? suatu hal yang diprediksi menjadi tren penyimpangan dalam Pemilu 2024. (Foto: Unsplash/Marco Oriolesi)

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com