Cara Membuat CV ATS Friendly yang Menarik dan Bisa Lolos CV Screening Saat Melamar Kerja

HARIANE – Cara membuat CV ATS friendly tampaknya belum dipahami oleh banyak orang.

Ini merupakan hal yang wajar karena dalam dunia pendidikan tampaknya cara membuat CV ATS friendly tidak banyak dibahas atau bahkan tidak dibahas sama sekali.

Selain cara membuat CV ATS friendly, sepertinya pembahasan mengenai ATS juga tak luput untuk dibahas.

BACA JUGA:  6 Tips Wawancara Kerja Wajib Tahu Agar Sukses Memikat Hati HRD

Pengertian dan fungsi ATS

ATS atau Applicant Tracking System merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh perekrut untuk mengelola proses perekrutan kandidat.

Beberapa fungsi ATS yang membuat perekrut sering menggunakannya yaitu untuk menyaring, mengatur, serta menganalisis CV dari para kandidat.

Tak hanya itu, ATS juga mampu melakukan penjadwalan wawancara, mengeluarkan pemberitahuan dan peringatan, serta mengirim e-mail otomatis ke kandidat dan karyawan.

Karyawan yang dimaksudkan di sini yaitu seperti perekrut dan juga manajer perekrutan.

Tujuan para rekruter menggunakan perangkat ini adalah untuk mempercepat proses peninjauan lamaran kerja dan resume yang dikirimkan dengan memanfaatkan algoritme AI untuk menganalisis keyword di resume tersebut.

Di Indonesia, penggunaan CV ATS semakin menambah di kalangan para rekruter. Sehingga, cara membuat CV ATS friendly harusnya dikuasai oleh kandidat.

Cara membuat CV ATS friendly

CV ATS friendly merupakan CV atau resume yang dapat terbaca dengan baik atau memiliki skor yang baik di perangkat lunak ATS.

CV ATS friendly bisa terbagi menjadi dua jenis.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com