KPU Bantul Lantik 225 Panitia Pemungutan Suara, Didik: PPS Harus Gerak Cepat

HARIANE – KPU Bantul lantik 225 Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan pada Selasa, 24 Januari 2023.

Seusai KPU Bantul latik 225 Panitia Pemungutan Suara untuk Pemilu 2024, Didik Joko Nugroho selaku Ketua KPU Bantul memberikan pesan kepada para PPS yang terpilih.

Berikut informasi lengkap mengenai KPU Bantul lantik 225 Panitia Pemungutan Suara yang akan bertugas selama 14 bulan.

KPU Bantul Lantik 225 Panitia Pemungutan Suara Tingkat Kelurahan

BACA JUGA:  Pelaku Penggelapan Dana ACT Divonis 3,5 Tahun Penjara, Penyesalan Ahyudin Ringankan Vonis?

KPU Bantul telah melakukan pengambilan sumpah janji terhadap sebanyak 225 panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilu 2024 yang akan bekerja mulai 24 Januari 2023 sampai 4 April 2024.

Dari segi komposisi, KPU Bantul melantik 103 PPS perempuan atau sebanyak 46 persen dari total kepesertaan panitia pemungutan suara, sementara 122 lainnya diisi oleh laki-laki.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menyampaikan bahwa PPS harus gerak cepat untuk segera melakukan koordinasi dan melaksanakan tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan.

“Ada dua tahapan besar, 26 Januari teman-teman sudah mulai melaksanakan pembentukan Pantarlih (panitia pendaftar pemilih) yang itu berbasis TPS, yang kedua awal Februari harus sudah melaksanakan verifikasi faktual,” katanya, Selasa 24 Januari 2023.

Didik menyebutkan, 225 PPS yang telah ditetapkan harus memberikan pelayanan secara optimal bagi pemilih dan peserta Pemilu.

Panitia pemungutan suara juga harus mengedepankan tiga asas utama yaitu pelayanan profesional dengan memahami peraturan, berintegritas dalm arti bertanggung jawab, serta independen dimana PPS harus bekerja secara netral dan tidak nemiliki keberpihakan baik kepada pemilih maupun peserta Pemilu.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com