Keren, Mahasiswa UIN Walisongo Menciptakan Qibla Box, Ini Fungsinya

HARIANE – Mahasiswa UIN Walisongo menciptakan Qibla Box, alat yang digadang-gadang mampu mempermudah umat muslim saat sholat.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, nama Mahasiswa UIN Walisongo menciptakan Qibla Box adalah Fajrullah.

Ternyata, Fajrullah Mahasiswa UIN Walisongo menciptakan Qibla Box memilih jurusan Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum untuk gelas magisternya.

Lantas apa saja fungsi Qibla Box dan berapa harga yang dibanderol untuk memiliki alat tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

BACA JUGA:  Keren, Mahasiswa ITS Ciptakan Rompi Deteksi Serangan Jantung, Begini Cara Kerjanya

Mahasiswa UIN Walisongo Menciptakan Qibla Box

Mahasiswa UIN Walisongo menciptakan Qibla Box
Pencipta Qibla Box sedang memerankan cara penggunaan alat tersebut. (Website/Kemenag)

Mahasiswa UIN Walisongo menciptakan Qibla Box yang berfungsi untuk menentukan arah kiblat. Alat ini tentu sangat membantu para orang Islam yang kesulitas menentukan arah kiblat.

Qibla Box merupakan produk hasil penelitian tesis milik Fajrullah yang berjudul ‘Qibla Box dalam Penentuan Arah Qiblat’.

Fajrullah memaparkan, risetnya tentang Qibla Box berawal dari permasalahan yang sering kali di temui umat Islam ketika menggunakan alat tertentu untuk menentukan arah kiblat.

Pasalnya alat-alat yang digunakan untuk menentukan arah kiblat yang ada sangat bergantung dengan cahaya matahari.

Sehingga alat penunjuk arah kiblat tak bisa digunakan saat malam hari, saat seseorang berada dalam ruangan tertutup ataupun gedung bertingkat yang tidak mendapatkan cahaya matahari.