Rasisme masih ada, India Tolak Warga Muslim Hingga Larangan Menggunakan Hijab di Lingkungan Sekolah

HARIANE Rasisme masih ada disekitar kita dan kini negara India tengah menjadi sorotan karena menolak beberapa warga muslim hingga adanya larangan menggunakan hijab.

Berita tentang rasisme di India ini kembali diperbincangkan karena adanya video yang beredar di Twitter dan memperlihatkan seorang guru yang dilarang menggunakan hijab saat memasuki lingkungan sebuah sekolah.

Mirisnya ada pula sekumpulan warga muslim yaitu anak-anak sekolah yang dirundung karena penampilan mereka yang menutup seluruh badan dan menggunakan hijab.

Tagar #IndiaRacism masuk pada peringkat ketiga dalam daftar trending Twitter. Tentu saja hal ini memancing banyak sekali komentar dari seluruh masyarakat yang ada di belahan negara lain.

Dikutip dari laman humanrights.gov.au dalam jurnalnya yang berjudul “What is Racism?”, rasisme adalah lebih dari sekedar kata-kata atau tindakan, rasisme adalah penghalang yang tidak terlihat dan dapat mencegah orang lain melakukan suatu tindakan sederhana karena latar belakang mereka.

Video yang memperlihatkan para mahasiswi dilarang masuk kampus hingga melepas hijabnya diunggah oleh pemilik akun Twitter bernama @BossTemlen

BACA JUGA:  Cegah Kekerasan Seksual dan Perkosaan, RUU TPKS Harus Segera Disahkan

Video lain diunggah oleh akun Twitter @ZahraHaidderr juga memperlihatkan bagaimana para wanita dan gadis di India dipaksa melepas hijab agar boleh masuk ke sekolah. Mereka dipaksa memilih antara agama dan pendidikan.