26 Juta Data Anggota Polri Diduga Bocor di Forum Hacker, Pihak Kepolisian Dalami Kasus Ini

HARIANE – Dugaan isu kebocoran data kembali terjadi di Indonesia. Sejumlah 26 juta data anggota Polri diduga bocor di forum hacker breached.

Beberapa data anggota Polri diduga bocor setelah terdapat dokumen-dokumen anggota kepolisian yang tersebar di forum tersebut.

Data anggota Polri diduga bocor ini diungkap oleh salah satu pengguna situs forum hacker tersebut yang mengaku memiliki dokumen penting anggota kepolisian.

Data Anggota Polri Diduga Bocor di Forum Hacker

Dilansir dari laman resmi Kepolisian Negara RI, seorang pengguna forum hacker dengan user bernama Meki mengunggah thread “26 M DATABASE NATIONAL POLICE IDENTITY OF INDONESIA REPUBLIC”.

Pengguna tersebut mengaku memiliki dokumen penting semua anggota Polri dalam format CSV yang ia bobol pada September 2022.

BACA JUGA:  4 Cara Cek Kebocoran Data Pribadi Melalui Website, Bisa Cek Email, KTP, dan Nomer Telepon

Dokumen yang telah dibobolnya tersebut berjumlah 26.263.105, dengan banyaknya data yang diklaim bocor.

Menanggapi kasus tersebut, Markas Besar (Mabes) Polri sedang berupaya untuk mendalami isu terkait data anggota Polri diduga bocor di forum hacker tersebut.

Pihak kepolisian belum dapat memberikan informasi lanjutan lebih banyak. Hal ini disampaikan oleh Kabag Penum Humas Polri, Kombes. Pol. Dr. Nurul Azizah, S.I.K., M.Si.

Kasus data anggota Polri diduga bocor tersebut akan ditindaklanjuti dan didalami oleh Dirtipidsiber Bareskrim Polri.

Data anggota Polri diduga bocor ini meliputi pangkat, Nomor Registrasi Pokok (NRP), nama lengkap, jabatan, foto, daerah, email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon, dan lain sebagainya.