Benarkah MV Shut Down BLACKPINK Plagiat Dari Girl Group Hongkong? Ini 4 Scene yang Disebut Mirip

HARIANE – MV Shut Down BLACKPINK telah dirilis pada Jumat, 16 September 2022, ini menjadi bagian comeback mereka bertajuk ‘BORN PINK’.

Kurang dari seminggu, MV Shut Down BLACKPINK pun berhasil meraih 100 juta viewers lebih hingga menempati posisi trending satu di YouTube.

Namun, siapa sangka dibalik MV Shut Down BLACKPINK ternyata mengundang banyak kontroversi karena dugaan melakukan plagiat dari girl group asal Hongkong.

Hal itu terkuak setelah beberapa netizen membagikan tangkapan layar dari scene MV Shut Down di media sosial yang terlihat mirip dengan MV lagu OFF/ON dari COLLAR.

BACA JUGA:  Lagu Pink Venom dari BLACKPINK di Banned KBS, Ternyata Ini Alasannya

Ini Beberapa Scene MV Shut Down BLACKPINK yang Dituding Mirip Dengan Girl Group Hongkong

MV lagu OFF/ON dari COLLAR sendiri, telah ditayangkan pada 15 Juli 2022 atau lebih dulu tayang sebelum MV Shut Down dari BLACKPINK dirilis.

1. Anggota dari kedua grup di MV mengenakan topi bulu.

MV Shut Down BLACKPINK MV Shut Down BLACKPINK

2. Adegan MV BLACKPINK dan MV COLLAR mengemudi

MV Shut Down BLACKPINK MV Shut Down BLACKPINK

3. Kedua MV yang terdapat adegan salah satu anggota yang duduk di bak mandi

MV Shut Down BLACKPINK MV Shut Down BLACKPINK

4. Bagian koreografi yang mirip dengan jari menunjuk ke bawah

MV Shut Down BLACKPINK MV Shut Down BLACKPINK

Seperti diwartakan Kbizoom, hal seperti ini bukan pertama kalinya bagi MV BLACKPINK yang terjebak dalam dugaan plagiarisme.

Pada awal Agustus, konsep AI virtual dalam MV “Ready For Love” BLACKPINK dituduh menjiplak konsep Aespa hingga menyebabkan kontroversi panas.

Single pra-rilis BLACKPINK “Pink Venom” yang dirilis pada 19 Agustus bahkan turut menuai kontroversi karena kemiripannya dengan “Pon de Replay” milik Rihanna, “Kick in the Door” milik Notorious BIG, dan “P.I.M.P” milik 50 Cent dalam lirik dan melodi.