Gempa Meksiko 19 September 2022 Berkekuatan 7,6 Magnitudo, Langit-langit Bangunan Runtuh Hingga Listrik Padam di 5 Negara Bagian

HARIANE – Gempa Meksiko 19 September 2022 terjadi pada pukul 13.05 siang waktu setempat.

Akibat gempa Meksiko 19 September 2022 ini, banyak bangunan yang mengalami kerusakan dan warga pun harus dievakuasi.

Tak hanya itu, gempa Meksiko 19 September 2022 juga menyebabkan ratusan gempa susulan terjadi.

BACA JUGA:  Gempa Taiwan 18 September 2022 Magnitudo 6,8 SR Sebabkan Kehancuran Parah, Berikut Penyebab dan Dampaknya

Pusat Gempa Meksiko 19 September 2022

Seperti diwartakan Bloomberg dan USA Today, U.S. Geological Survey menyatakan bahwa gempa ini terjadi di dekat La Placita de Morelos, Negara Bagian Michoacan.

Gempa tersebut berpusat di 23 mil tenggara Aquila, dekat perbatasan antara negara bagian Colima dan Michoacan, dengan kedalaman 9,4 mil.

Dampak Gempa Meksiko 19 September 2022

Dampak  bencana gempa ini berkaitan dengan warga yang menjadi korban dalam bencana alam ini.

Seperti diwartakan USA Today, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador menyatakan satu orang tewas di pusat perbelanjaan daerah Manzanillo, Negara Bagian Colima.

Sementara itu Laura Velazquez Alzua, Koordinator Badan Perlindungan Sipil Nasional, seperti yang diwartakan Bloomberg, menyampaikan bahwa satu orang yang tewas akibat gempa ini tertimpa reruntuhan langit-langit pusat perbelanjaan.

Selain itu, Laura mengatakan ada pula satu orang yang terluka oleh pecahan kaca di sebuah rumah sakit pedesaan yang terletak di Michoacan.

Dampak yang dirasakan warga selanjutnya yaitu ketakutan akan gempa. Dilansir dari laman Tribata News, setelah alarm gempa di Kota Meksiko berbunyi, warga berhamburan di jalan.