Kebakaran Gudang Kertas Jalan Parangtritis Selasa 20 September 2022, Kerugian Ditaksir Lebih dari Rp 1,1 Miliar

HARIANE – Telah terjadi kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis pada Selasa, 20 September 2022. Dimana api membakar seisi gudang yang berisi kertas bekas.

Kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis tersebut terjadi di Suneco Rt 02, Kelurahan Sabdodadi, Kepanewon Bantul, Kabupaten Bantul.

Kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis terjadi sejak pukul 12.00 WIB dan baru selesai dipadamkan hingga pukul 23.35 WIB.

Kendati baru padam lebih dari 10 jam setelah pemadam kebakaran (Damkar) turun ke lokasi kejadian, kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis tak memakan satupun korban jiwa.

Kronologi dan Penyebab Kebakaran Gudang Kertas Jalan Parangtritis

Kejadian kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis
Kejadian kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis terjadi pukul 12.00 WIB dan api padam padam pukul 23.35 WIB. (Foto: Instagram/story damkarmatbantul)

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Bantul, menjelaskan bahwa terjadinya kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis bermula ketika salah satu karyawan melihat api di tumpukan kertas yang ada di pojokan.

BACA JUGA:  Berita Kebakaran di Surabaya Hari Ini: Kronologi Dua KLM di Dermaga Kalimas Surabaya Terbakar, 14 Mobil PMK Dikerahkan

Karyawan tersebut melaporkan adanya api di tumpukan kertas yang ada di pojokan ke bos bidang. Setelah kobaran api mulai membesar, bos bidang tersebut melaporkan kejadian tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul.

Kebakaran tersebut baru dilaporkan lebih dari satu jam pasca munculnya api pertama kali dilihat. Dengan Damkar baru tiba di lokasi pukul 13.44 WIB.
Dalam kejadian yang meluluhlantahkan gudang kertas tersebut, dikerahkan lebih dari 52 personil Damkar dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.
Selain mendatangkan Damkar Bantul, kebakaran yang menimpa gudang kertas di jalan Parangtritis tersebut juga melibatkan Damkar Kota Yogyakarta, Damkar Kabupaten Sleman, PMI Bantul, Mbah Joyo Centre, Tagana, Polsek Sewon, Koramil Sewon, Sal Sultan Agung dan TRC Kabupaten Bantul.

Sayangnya, hingga berita ini tayang, belum diketahui penyebab kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis

Pasca Kebakaran Gudang Kertas Jalan Parangtritis, Pemilik Alami Kerugian Hingga Rp 1,1 Miliar

kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis
Mesin pres dan kertas pres siap kirim yang harganya berada di kisaran Rp 1,1 miliar ludes pasca kebakaran gudang kertas jalan Parangtritis. (Dok. Pusdalops Bantul)