Waspada! Potensi Pergerakan Tanah di Jakarta Diperkirakan BPBD Akan Meningkat di 10 Daerah Ini

HARIANE – Potensi pergerakan tanah di Jakarta baru-baru ini dikabarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta diperkirakan akan meningkat.

Dengan meningkatnya potensi pergerakan tanah di Jakarta yang mencakup sejumlah wilayah inipun membuat warga sekitar diminta untuk selalu waspada.

Lantas wilayah mana saja yang diperkirakan akan mengalami peningkatan potensi pergerakan tanah di Jakarta? Berikut informasi selengkapnya yang bisa disimak dibawah ini.

BACA JUGA:  Kebakaran di Jakarta Barat Hari ini 1 Desember 2022, Sebuah Lapak di Kebon Jeruk Ludes Dilahap Api Besar

10 Daerah yang Berpotensi Mengalami Pergerakan Tanah di Jakarta

Pergerakan tanah di Jakarta
Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji saat memaparkan informasi terkait potensi pergerakan tanah di Jakarta. (Foto: Berita Jakarta)

Jumat, 2 Desember 2022 BPBD DKI Jakarta menjelaskan penyebab peristiwa tersebut dengan melansir informasi dari data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang dikeluarkan BMKG.

Menurut data tersebut, pemetaan wilayah potensi terjadi gerakan tanah ini disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan.

Di mana akan terdapat beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta yang akan dibagi menjadi dua zona, yaitu:

Pertama, wilayah zona menengah yang akan mengalami pergerakan tanah, jika terjadi intensitas curah hujan di atas normal. 

Terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan, dan lereng yang mengalami gangguan. 

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com