AFF Suzuki Cup 2021: Gol Elkan Baggott Hindarkan Indonesia Bertemu Thailand di Semifinal

hariane.com – Indonesia berhasil lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2021 setelah menghajar Malaysia dengan skor 1-4 di stadion Nasional Singapura, Minggu 19 Desember 2021. Hasil ini menempatkan Indonesia sebagai juara grup B dengan poin sama dengan runner-up grup Vietnam.

Kemenangan besar ini menunjukkan dominasi dan kelihaian strategi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Meski kalah penguasaan bola, Indonesia tetap berhasil mencatatkan tembakan yang jauh lebih banyak dari Malaysia.

Sebanyak 23 tembakan dengan 7 di antaranya mengarah ke gawang Malaysia. Sementara Malaysia hanya bisa mencatatkan 7 tembakan dan hanya 3 yang tepat sasaran.

BACA JUGA: Tottenham Kembali Berlaga, Liverpool Kehilangan Van Dijk dan Joel Matip

Timnas Indonesia bermain menyerang dengan kepercayaan diri tinggi sejak wasit meniup peluit pertama.  Meski demikian, Malaysia justru mampu mencuri gol pertama melalui gelandang serang Kogileswaran Raj di menit 13’.

Ketinggalan 1-0, tampaknya membuat motivasi pemain Timnas Indonesia justru meningkat. Serangan-serang terus dilancarkan untuk menciptakan gol balasan.

Hasilnya, pada menit ke 36’, Witan Sulaiman yang lolos dari jebakan offset di sisi kiri pertahanan Malaysia berhasil melepaskan umpan tarik yang disambar oleh Irfan Jaya yang gagal ditepis penjaga gawang Malaysia.

Indonesia akhirnya berhasil menambah skor dan mengungguli Malaysia di menit ke 43’. Lagi-lagi Irfan Jaya yang maju sebagai protagonis.

Berdiri bebas di sisi kiri gawang Malaysia, Irfan Jaya berhasil menyambar bola liar setelah tembakan Pratama Arhan membentur kaki pemain Malaysia. Skor 1-2 bertahan hingga turun minum.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com